Perawatan Ayam Bangkok Muda Sebelum Di Tarungkan

Untuk bisa membuat ayam jago kita bisa menang di arena laga tentu tidak hanya pemilihan ayam nya saja. Sebab akan percuma jika kita memiliki ayam yang bagus namun tidak di rawat dengan baik. Secara umum perawatan Ayam Bangkok sebelum laga sama dengan ayam jenis lain nya terutama bagi ayam yang masih muda akan ada perawatan khusus. Dan di artikel ini kita bisa mengetahui tips merawat ayam untuk di persiapkan turun ke arena pertarungan. Tujun utama perawatan ini sendiri adalah membuat ayam kita menjadi lebih kuat, memiliki stamina yang bagus dan mental yang kuat.

Bagi ayam yang sudah menginjak usia 8 bulan sudah bisa mulai di lakukan persiapan nya. Pada minggu pertama, hal yang harus di lakukan adalah memberinya makanan yang kaya akan serta seperti jagung dan beras merah. Ayam juga harus rutin di mandikan lalu di jemur pada pagi hari. Selain itu di minggu pertama ini ayam juga sudah bisa diberikan jamu ramuan sendiri. Di hari ke 5 minggu pertama ayam bisa dilakukan percobaan tarung atau di abar selama 10 menit. Setelah itu di di istirahatkan lagi.

Pada minggu kedua juga hampir sama dengan minggu pertama, ayam selalu di mandikan lalu di jemur. Diberi pakan yang cukup. Pada minggu ini baik nya ayam anda di umbar di tempat yang agak terbuka sendirian, agar ia bisa melemaskan otot-otot nya dan berjalan-jalan di halaman. Jangan umbar ayam jago anda dengan betina karena hal itu akan menggangu stamina ayam yang sedang anda persiapkan.

Minggu ketiga juga tidak berbeda jauh dengan minggu sebelum nya, pada fase ini anda bisa kembali mencoba ayam anda dengan ayam jago lain untuk melihat hasil perawatan yang anda lakukan. Umum nya di minggu ini ayam anda sudah berbeda dengan abar minggu yang lalu, ia lebih kuat dalam pukulan. Nafas nya juga lebih panjang dan memiliki teknik yang berbeda. Jika dirasa bagus maka anda bisa melanjutkan perawatan nya, jika dirasa kurang maka anda harus kembali lagi seperti minggu pertama.

Pada minggu ke empat, anda harus memberikan jamu dari kuning telur puyuh, gula merah, kunyit, dan sedikit madu. Setelah itu anda bisa mengumbar ayam anda seharian. Hari berikut nya anda bisa memberinya doping seperti super top. Dua hari sebelum laga anda harus mengistirahatkan total ayam anda, di hari ke 7 minggu ke 4 anda sudah bisa membawa ayam anda ke arena laga.

Perawatan Ayam Bangkok Setelah Laga

Begitu ayam selesai bertarung akan ada perbedaan dalam perawatan nya. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membersihkan nya dari darah yang ada di sekujur tubuh nya. Selain itu anda juga harus memandikan ayam agar tehindar dari bakteri. Teteskan obat anti biotik pada luka ayam anda, lalu bisa di bawa pulang.

Setelah sampai rumah, harap jauhkan ayam anda dari ayam lain nya karena pada fase ini ayam Bangkok anda akan merasakan kelelahan yang sangat luar biasa. Selain itu ayam anda juga akan kehilanga nafsu makan, ini normal terjadi pada ayam yang baru saja bertarung. Setelah di istirahat kan beberapa hari anda sudah bisa merawat nya kembali sebelum di persiapkan lagi untuk bertarung. Semikian artikel perawatan Ayam Bangkok muda sebelum di tarungkan, semoga bermanfaat.